Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2020-06-26

Penerapan Regresi Logistik Biner Multilevel pada Partisipasi Angkatan Kerja di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018

Politeknik Statistika STIS
Politeknik Statistika STIS
Politeknik Statistika STIS
Politeknik Statistika STIS
Politeknik Statistika STIS
Politeknik Statistika STIS
Regresi logistik biner multilevel status bekerja

Abstract

Analisis regresi logistik dibagi menjadi beberapa jenis data pada responnya, diantaranya yaitu respon biner, multinomial, ordinal dan poisson. Analisis regresi logistik yang paling sederhana digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Regresi logistik biner digunakan untuk menganalisa hubungan antara satu variabel respon dan beberapa variabel independen, dengan variabel responnya berupa data kualitatif dikotomi yaitu bernilai 1 untuk menyatakan keberadaan sebuah karakteristik dan bernilai 0 untuk menyatakan ketidakberadaan sebuah karakteristik. Namun regresi biner ini kurang tepat apabila digunakan pada kasus yang memiliki struktur hirarki. Data yang memiliki struktur hirarki, sebenarnya terdapat efek dari kelompok yang membawahi unit-unit yang diteliti. Suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan kasus berstruktur hirarki adalah model multilevel. Penelitian ini menyajikan perbandingan antara model regresi logistik biner satu level dan model regresi logistik biner multilevel dalam menganalisis partisipasi angkatan kerja di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018. Variabel yang digunakan adalah status bekerja sebagai variabel respon, tipe daerah tempat tinggal, umur, pendidikan, status perkawinan, jenis kelamin, dan pelatihan bersertifikat sebagai variabel penjelas level satu serta IPM, PDRB, dan UMK sebagai variabel penjelas level dua. Pemilihan model terbaik dilakukan dengan membandingkan deviance pada null model regresi logistik biner satu level dan null model regresi logistik biner multilevel serta melakukan pengujian signifikan adanya random effect. Analisis yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa deviance pada null model regresi logistik biner multilevel lebih kecil dibandingkan deviance regresi logistik biner satu level serta terdapat random effect sehingga model regresi logistik biner multilevel adalah model yang terbaik dalam menggambar partisipasi angkatan kerja di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018. Estimasi parameter dengan regresi logistik biner multilevel memperoleh hasil bahwa faktor yang secara signifikan mempengaruhi status bekerja di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 adalah tipe daerah tempat tinggal, jenis kelamin, umur, status perkawinan, keikutsertaan dalam pelatihan yang bersertifikat. Selain itu, terdapat pengaruh perbedaan Kabupaten/Kota yang digambarkan dengan IPM dan PDRB sebagai variabel kontekstual. Sebesar 0,82 persen keragaman status bekerja pada Provinsi Jawa Tengah disebabkan oleh perbedaan karakteristik antar kabupaten/kota asal penduduk.

References

  1. Adwiluvito, H. (2019). Determinan Pemilihan Moda Transportasi Pekerja Komuter Jabodetabek dengan Model Regresi Logistik Multinomial Multilevel. Indonesian Journal of Statistics and Its Applications, 3(1), 49-61.
  2. Aliyudin, F. & Budyanra. (2016). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Komplikasi Persalinan Wanita Usia Subur di Indonesia Menggunakan Data SDKI 2012 (Aplikasi Analisis Regresi Logistik Biner Multilevel). Jurnal Aplikasi Statistika & Komputasi Statistik, 8(2), 33-46.
  3. Badan Pusat Statistik. (2018). Indeks Pembangunan Manusia 2018. Jakarta: BPS.
  4. Badan Pusat Statistik. (2019). Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Jawa Tengah 2018. Semarang: BPS.
  5. Badan Pusat Statistik. (n.d.). Indeks Pembangunan Manusia. Retrieved Februari 18, 2020 from https://www.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html
  6. Harlan, J. (2016). Analisis Multilevel. Depok: Gunadarma.
  7. Octaviana, F. (2017). Pemodelan Status Bekerja Ibu Rumah Tangga Menggunakan Model Multilevel Dengan Respon Biner [Master’s thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember]. ITS Repository. http://repository.its.ac.id/id/eprint/2093
  8. Panorama, M. & Lemiyana. (2017). Pengaruh Upah Minimum Kota (UMK) Terhadap Kesempatan Kerja dan Pengangguran di Kota Palembang Tahun 2004-2014. I-Finance, 3(2), 141-160.
  9. Yulianti, R.A. & Ratnasari, V. (2013). Pemetaan dan Pemodelan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Perempuan di Provinsi Jawa Timur dengan Pendekatan Model Probit. Jurnal Sains dan Seni POMITS, 2(2), 159-164.

How to Cite

Saragih, M. T., Inayah, A. W., Nooraeni, R., Aprilio, M., Sinsyi, M. M., & Aprilia, Y. R. (2020). Penerapan Regresi Logistik Biner Multilevel pada Partisipasi Angkatan Kerja di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. EIGEN MATHEMATICS JOURNAL, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.29303/emj.v3i1.60