Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2018-12-31

Penggunaan Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Penerbangan di Bandara Internasional Lombok

Algoritma Genetika Bandara Internasional Lombok (BIL) Penjadwalan Penerbangan Optimasi.

Abstract

Penjadwalan penerbangan merupakan salah satu permasalahan yang sangat penting dilakukan agar konsumen mendapatkan pelayanan yang maksimal. Pada umumnya, penjadwalan dilakukan dengan cara manual. Cara ini memiliki keakuratan yang kurang baik dan dapat memberikan peluang terjadinya tabrakan jadwal. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun jadwal yang optimal untuk penerbangan pesawat di Bandara Intenasional Lombok. Metode yang digunakan adalah metode algoritma genetika. Algoritma genetika memungkinkan dapat menyelesaikan masalah yang kompleks dengan membangkitkan sejumlah individu yang dihitung nilai fitness-nya, dan memanfaatkan proses evolusi yang terdiri dari proses seleksi, crossover, dan mutasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, hasil dari penjadwalan penerbangan terbaik didapatkan dari individu terbaik dengan nilai parameter-parameter ukuran populasi sebesar 10, jumlah generasi sebesar 10, dan peluang mutasi sebesar 0,01 dengan nilai fitness tertinggi yaitu 1. Individu terbaik ini menepati slot waktu berisikan 108 slot dengan estimasi waktu 10 menit setiap slotnya. Slot-slot tersebut menentukan waktu take off dan landing sebuah pesawat

References

  1. Ahmad, A., I., 2016, Perbandingan Performansi Algoritma Genetika dan Algoritma Ant Colony Optimization dalam Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah, Skripsi (Tidak Dipublikasi), Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Negeri Semarang.
  2. Fajar., N., R., 2018, Sistem Penjadwalan Otomatis Kuliah Mahasiswa, Skripsi (Tidak Dipublikasi), Program Studi Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelegence Teknik dan Aplikasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
  4. Mawaddah, N., K., dan Mahmudy, W., F., 2006, Optimasi Penjadwalan Ujian Menggunakan Algoritma Genetika, Jurnal, Volume: 2 Nomor: 2.
  5. Nugraha, I., 2008, Aplikasi Algoritma Genetik Untuk Optimasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar, Jurnal Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.
  6. Qoiriah, A., 2014, Penjadwalan Ujian Akhir Semester dengan Menggunakan Algortma Genetika (Studi Kasus : Jurusan Teknik Informatika UNESA), Jurnal Manajemen Informatika. Vol 03 No.02.
  7. Suyanto., 2014, Artificial Inteligence Searching, Reasoning, Planning, dan Learning. Informatika, Bandung.
  8. Wahyuni, U., 2017, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Kunjungan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Skripsi (Tidak dipublikasi), Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar.
  9. Zukhri, Z., 2014, Algoritma Genetika Metode Komputasi Evalusioner untuk Menyelesaikan Masalah Optimasi, Andi, Yogyakarta.