Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2019-12-31

Banyak Pohon Pembangun pada Graf Barbell

Program Studi Matematika Universitas Mataram
Graf Graf Barbell Graf Lengkap Spanning Trees

Abstract

Teori graf merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu topik yang dibahas dalam teori graf yaitu terkait banyak pohon pembangun (Spanning Trees). Pohon (Tree) dalam teori graf merupakan suatu graf terhubung yang tidak memuat cycle. Kemudian banyak pohon pembangun (spanning trees) dari suatu graf terhubung didefinisikan sebagai banyaknya pohon yang dapat dibentuk dari suatu graf yang melewati semua simpul pada graf tersebut. Pada penelitian ini, akan dibahas terkait spanning trees atau pohon pembangun dari graf barbell. Graf Barbell  merupakan graf yang diperoleh dengan menghubungkan  buah graf lengkap  oleh sebuah bridge. Berdasarkan hasil penelitian dari artikel ini diperoleh suatu fakta bahwa graf barbell  memiliki spanning trees sebanyak . Selanjutnya pada artikel ini juga akan dibahas terkait beberapa sifat dari spanning trees dan graf barbell.

References

  1. Agasthi, P., Parvathi, N., & Thirusangu, K . (2016). On some Labelling of Barbell Graph. Global Journal of Pure and Applied Mathematics, 12(1), 273-280.
  2. Chartrand, Gary dan Lesniak, Linda. (1986). Graphs and Digraphs Second Edition. United States of America: a Division of Wadsworth.Inc.
  3. Haghighi, M.S., & Bibak, K. (2012). The Number of Spanning Trees in some Classes of Graphs.Rocky Mountain Journal of Mathematics, 42(4), 1183-1195.
  4. Harary, F. (1969). Graph Theory. United States of America: Addison-Wesley Publishing Company.
  5. Rosyidah, H. (2010). Grup Automorfisme dari Graph Lengkap dan Graph Sikel (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  6. Wilson, R.J.(2010). Introduction to Graph Theory Fifth Edition. United Kingdom: Pearson Education Ltd.

How to Cite

Maulana, M., & Switrayni, N. W. (2019). Banyak Pohon Pembangun pada Graf Barbell. EIGEN MATHEMATICS JOURNAL, 1(2), 125–130. https://doi.org/10.29303/emj.v1i2.46